Apa Dan Cara Membuat Blog Valid CSS3

Apa Dan Cara Membuat Blog Valid CSS3
Apa Dan Cara Membuat Blog Valid CSS3 - Apa itu validasi CSS3? Validasi CSS3 adalah metode untuk memastikan kode CSS (cascading style sheet) dalam blog Anda telah sesuai dengan standar yang diterapkan oleh W3 Consortium, yaitu sebuah organisasi yang membuat standarisasi HTML. Validasi CSS3 ini bukan untuk membuat blog Anda mendapatkan posisi  yang bagus pada SERP, karena validasi CSS3 hanya bertujuan untuk memastikan dan mengkoreksi bahwa kode CSS dalam blog Anda tidak ada kesalahan sintaks. Jadi, dapat disimpulkan bahwa validasi CSS3 tidak ada hubungannya sama sekali dengan SEO dan SERP. Keuntungan melakukan validasi CSS3 dalam blog adalah membuat loading blog lebih cepat dan lebih bersih. Untuk memperjelas apa yang saya tulis diatas, Anda dapat menonton video berikut yang berisi pernyataan dari Matt Cutts (kepala pencarian situs SPAM Google) tentang validasi HTML yang kurang lebih sama saja seperti validasi CSS3.

Matt Cutts mengatakan bahwa Google tidak mempedulikan validasi HTML. Tapi beliau (Matt Cutts) mengatakan bahwa validasi HTML mungkin saja akan menjadi faktor SEO di masa depan.

Dari hal-hal yang saya tulis diatas, bagian pentingnya adalah validasi CSS3 itu tidak terlalu penting dan tidak mempengaruhi SEO. Namun, bukan berarti banyak error dan warning itu baik. Jika Anda ingin mencoba untuk melakukan validasi CSS3, silakan mencoba caranya berikut ini:

Perhatian: Simak cara validasi CSS3 dengan hati-hati dan cermat. Jangan sampai salah, bro!

A. Menonaktifkan CSS Reset Stylesheet Default Blogger

  • Cari kode <b:skin><![CDATA[ kemudian Anda potong semua kode CSS dibawahnya dan taruh di Notepad terlebih dahulu hingga ]]></b:skin>.
  • Ganti kode <b:skin><![CDATA[ dengan &lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt;&lt;!-- /* <b:skin><![CDATA[*/]]></b:skin><style type='text/css'>.
  • Ganti lagi kode ]]></b:skin> dengan kode </style>.
  • Sehingga struktur kodenya akan sebagai berikut:
&lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt;
&lt;!-- /*<b:skin><![CDATA[*/]]></b:skin>
<style type='text/css'>

MASUKKAN KODE CSS YANG DI CUT TADI DI NOTEPAD

</style>
B. Menghapus Beberapa Kode

Beberapa kode dengan properti berikut ini dapat menjadi sumber warning dan error pada validasi CSS3, kode-kode tersebut adalah:
opacity
-moz-
-khtml-
-o-
-webkit-
-ms-
Hapus semua kode dengan awalan seperti diatas untuk memvalidasi CSS3 blog Anda. Hapus juga kode dengan yang memiliki struktur kode sebagai berikut:
DXImageTransform
C. Menggunakan Tanda Kutip Untuk Font-Family

Ada perintah validator yang isinya adalah "apabila ada huruf  yang memiliki spasi, maka harus ditambahkan dengan tanda kutip". Contoh penerapan konkretnya adalah:
font-family: 'Roboto', Arial, Tahoma
Usahakan juga jangan menggunakan widget-widget atau komponen yang berpotensi dapat memberatkan blog, apalagi jika menggunakan struktur kode-moz-,-khtml-,-o-, dan-webkit-. Tapi apabila jika bukan dalam jumlah yang besar dan menguntungkan blog, tidak apa-apa, karena seperti dikatakan diatas, validasi CSS3 ini tidak mempengaruhi SEO. Jika Anda sudah merasa mengikuti ketiga langkah diatas, Anda dapat mengeceknya di  http://jigsaw.w3.org/css-validator. Apabila ada yang dapat menambahkan selain ketiga cara validasi CSS3 diatas, saya akan sangat senang. Semoga bermanfaat.... 

0 Response to "Apa Dan Cara Membuat Blog Valid CSS3"

Posting Komentar

Silakan berkomentar. Kami tidak akan mempublikasikan dan melayani komentar dengan bahasa yang kotor, berbau SARA, SPAM, dan yang menyertakan live link. Komentar yang Anda kirim kami moderasi terlebih dahulu. Terima kasih.