3 Situs Untuk Belajar Kode CSS Dan HTML Untuk Pemula

3 Situs Untuk Belajar Kode CSS Dan HTML Untuk Pemula
3 Situs Untuk Belajar Kode CSS Dan HTML Untuk Pemula - Dalam kegiatan ngeblog, seorang blogger pastinya tidak dapat dipisahkan dengan kode-kode seperti CSS (cascading style sheet) atau HTML (hyper text markup languange). Masing-masing kode memiliki ciri-ciri dan fungsi yang berbeda-beda. Jika CSS adalah kode untuk menyusun tampilan blog, maka HTML adalah elemen atau struktur dari suatu situs. Jika Anda adalah pemula dalam hal ngeblog, Anda harus dengan sesegera mungkin belajar kode CSS dan HTML karena itu adalah syarat yang paling utama apabila Anda ingin memperindah tampilan blog, apalagi bagi Anda yang berminat untuk menjadi tukang pembuat template.

Mungkin untuk yang belum punya pengalaman di bidang coding akan merasa kebingungan dan kesusahan. Tapi, pepatah mengatakan "Sesungguhnya setelah kesusahan akan datang kemudahan". Artinya, tidak ada yang tidak mungkin apabila orang tersebut memiliki kemauan yang tinggi. Ada banyak sekali coding-coding yang mesti Anda kuasai, seperti XML, SQL, atau PHP. Namun untuk blog dengan domain blogspot, mempelajari CSS dan HTML saja sudah cukup.

Saya telah melakukan penilaian terhadap beberapa situs yang menyediakan jasa untuk belajar coding. Di dalam situs belajar coding tersebut tersedia banyak sekali teknik coding yang harus Anda kuasai, namun saya rasa Anda hanya perlu belajar CSS dan HTML saja. Sekadar info, saya ini masih belajar lho di ketiga situs tersebut, terutama yang paling atas. Nah, berikut ini situs-situs untuk belajar CSS dan HTML bagi pemula:

1. W3Schools (http://w3schools.com) - Most Reccommended

W3Schools adalah web yang saya nilai mempunyai layanan yang bagus terhadap pembelajaran kode-kode. Saya mengetahui web ini dari teman saya yang bernama Yoga Arditya Putra, yang mengatakan bahwa kakaknya belajar coding dari sini. Benar saja, W3Schools memang memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai untuk belajar kode CSS dan HTML. Ada juga fitur yang membuat kita dapat mencoba dan merancang sendiri CSS atau HTML, yaitu TryIt Your Self. W3Schools menyediakan tutorial seputar JavaScript, HTML, CSS, jQuery, XML, SQL, ASP, dan masih banyak lagi. Pokoknya ini reccommended banget lah.

2. Codeacademy (http://codeacademy.com)

Codeacademy adalah situs yang kedua terbaik untuk belajar CSS dan HTML. Selain belajar CSS dan HTML, kita juga dapat belajar kode-kode untuk pengembangan web seperti PHP atau API. Codeacademy didukung oleh user interface, dan tampilan yang terlihat profesional dan elegan. Anda dapat belajar di Codeacademy dari tingkat yang paling mudah hingga yang paling susah, dan kita dapat dengan mudah memahaminya. Lagipula terdapat fitur hint (bantuan) bagi Anda yang bingung. Awalnya saya bingung ketika masuk web Codeacademy. Ternyata tutorialnya ada di footernya! Jika Anda berminat belajar CSS dan HTML di Codeacacademy, Anda harus scrolling mouse kebawah hingga di footer terlihat kata "HTML/CSS".

3. Html.net

Sebenarnya ini juga membahas kode CSS dan HTML, namun fiturnya tidak sebanyak apabila dibandingkan dengan dua web sebelumnya yaitu W3Schools dan Codeacademy. Namun, kelebihan dari Html.net adalah pembahasan dan materinya lebih luas dibandingan W3Schools dan Codeacademy. Web ini juga sistemnya seperti Codeacademy, yaitu bertahap dari yang paling mudah ke yang paling susah. Bagi "kutu buku", ini adalah web yang tepat untuk belajar CSS dan HTML. Tutorial coding yang lain yang tersedia dalam Html.net adalah HTML5, Javascript, PHP, dan ASP.

Ketiga web diatas dapat Anda jadikan "teman" untuk belajar coding HTML dan CSS. Selamat belajar! Walaupun susah, jangan pernah menyerah karena belajar itu maknanya dari tidak tahu menjadi tahu. Satu-satunya penyebab gagal dalam belajar adalah malas. Selebihnya kita tidak punya alasan untuk gagal dalam belajar. Have fun!

0 Response to "3 Situs Untuk Belajar Kode CSS Dan HTML Untuk Pemula"

Posting Komentar

Silakan berkomentar. Kami tidak akan mempublikasikan dan melayani komentar dengan bahasa yang kotor, berbau SARA, SPAM, dan yang menyertakan live link. Komentar yang Anda kirim kami moderasi terlebih dahulu. Terima kasih.